3 Cara Agar Windows 10 Tidak Update Otomatis

Agar Windows 10 Tidak Update Otomatis

Ketahui Cara Windows 10 Tidak Update Otomatis – Secara default, Windows 10 dibekali dengan sistem pengaturan update otomatis yang bertujuan memberikan perlindungan pada perangkat sehingga bebas dari kemungkinan adanya celah keamanan dan juga bugs.

Namun,terkadang fitur update otomatis ini ‘kurang disukai’ beberapa pengguna terutama yang memiliki kuota terbatas karena untuk melakukan update biasanya membutuhkan jumlah data yang relatif tidak sedikit.

3 Cara Windows 10 Tidak Update Otomatis

Jika Anda termasuk pengguna yang merasa ‘keberatan’ dengan adanya fitur update otomatis pada Windows 10 ini, tentu ada beberapa langkah atau cara yang bisa digunakan untuk mematikan fitur tersebut. Berikut dilansir dari sudutpc.com adalah beberapa cara yang bisa dicoba untuk mematikan fitur update otomatis yang ada pada Windows 10.

Menggunakan Disable Windows Update Service

Cara Windows 10 Tidak Update Otomatis yang pertama bisa Anda lakukan adalah melalui Disable Windows Update Service. Untuk mematikan windows update services, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

  1. Klik tombol start menu kemudian silakan ketikkan ‘services’ pada kolom kotak pencarian. Kemudian klik program Services yang muncul pada hasil pencarian.
  2. Setelah jendela service terbuka, akan terdapat tampilan cukup banyak daftar  program service yang berjalan pada perangkat komputer yang Anda miliki. Silakan Anda mencari Windows Update.
  3. Jika sudah, Anda bisa klik kanan pada Windows Update tersebut dan kemudian memilih properties.
  4. Langkah di atas akan memunculkan pop up windows update properties. Untuk mematikan update otomatis, silakan klik pada tombol stop. Kemudian pada bagian kotak Startup Type silakan ubah menjadi disabled. Jika sudah silakan klik tombol OK untuk mengonfirmasi perubahan pengaturan Anda.

Melalui Fitur Metered Connection Pada Windows

Cara Windows 10 Tidak Update Otomatis yang bisa Anda coba berikutnya adalah menggunakan metered connection. Namun perlu diingat bahwa untuk fitur ini tidak bisa digunakan jika Anda menggunakan koneksi Ethernet (kabel LAN) untuk akses internet Anda. Fitur ini bisa digunakan jika Anda menggunakan WiFi sebagai koneksinya. Berikut adalah cara menggunakan fitur metered connection pada Windows.

  1. Anda bisa masuk ke bagian Windows Setting dengan cara klik tombol start pada komputer Anda kemudian silakan klik ikon setting (bergambar gerigi) untuk menuju ke bar Windows Setting.
  2. Silakan pilih Network & Internet apabila menu windows setting telah terbuka. Kemudian klik pada nama WiFi yang sedang Anda gunakan hingga muncul pengaturan lebih lanjut terkait dengan jendela menu tersebut.
  3. Cari bagian metered connection lalu ubah status pada Set as Metered Connection menjadi On.

Mengubah Group Policy Pada Windows

Alternatif cara berikutnya yang bisa digunakan untuk mematikan fitur  update otomatis yang ada pada Windows adalah dengan memodifikasi pengaturan Group Policy. Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut :

  1. Tekan Tombol Bergambar Windows  dan hurf R secara bersamaan. Jika sudah, silakan ketikkan gpedit.msc pada jendela pencarian yang muncul.
  2. Jika sudah, silakan buka folder bernama administrative templates kemudian silakan cari folder Windows Components.
  3. Kemudian cari entri bernama windows update dan klik pada menu tersebut.
  4. Jika sudah, maka pada bagian tampilan panel sebelah kanan silakan dicari pilihan configure automatic updates. Silakan double-click pada tab tersebut dan pilih enabled.
  5. Pada bagian options silakan cari Configure Automatic Updating kemudian silakan pilih Notify for Download and Notify for Install.

Namun perlu Anda ketahui bahwa untuk cara mematikan update otomatis melalui pengaturan Group Policy ini hanya bisa digunakan pada Windows 10 Pro saja.

Pastikan anda sudah melakukan cara aktivasi windows 10 tanpa product key agar bisa mendapatkan akses penuh kedalam sistem.

Demikianlah cara windows 10 tidak update otomatis yang bisa Anda lakukan pada perangkat komputer Anda. Meskipun Anda kurang ‘menyukai’ fitur ini, namun ada baiknya Anda tetap meng-update versi Windows yang Anda gunakan untuk kenyamanan, keamanan, dan juga penambahan fitur yang optimal untuk mendukung kinerja perangkat Anda.

You May Also Like